Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak Muslimat NU Al Mubarokul Maimun (KB MUSLIMAT ALMA) adalah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berdiri sejak Tahun 2006. Kami hadir sebagai mitra terbaik bagi para Bunda dalam meletakkan dasar pendidikan bagi Putra / Putri tercinta.
"Say it With Love" (katakan dengan cinta) adalah
konsep yang mendasari lembaga kami dalam mendidik, mengasuh, dan mengembangkan
kegiatan belajar dan bermain bagi anak usia dini. Konsep tersebut memandang bahwa
anak adalah individu dengan latar belakang yang berbeda-beda. Bagi kami,
perbedaan tersebut adalah sesuatu yang unik dan akan diterima secara tulus.
Penerimaan apa adanya dengan kasih sayang yang tulus akan menumbuhkan rasa
percaya diri dan harga diri yang baik; sehingga anak akan memiliki citra diri
yang baik dan mampu mengendalikan emosinya. Citra diri dan pengendalian emosi
yang baik merupakan faktor utama dalam mengembangkan potensi-potensi anak yang
dimiliki secara optimal.
Kami juga menitikberatkan pada pemahaman dan pembiasaan terhadap norma - norma agama Islam, sehingga diharapkan output yang dihasilkan adalah anak - anak yang shalih/shalihah, cerdas, ceria serta berakhlaqul karimah.
Program Pembentuk Sifat Dasar (Kepribadian)
Pendidikan pada
usia 0 - 6 tahun merupakan fase pendidikan yang sangat penting, dimana pada usia
ini semua perlakuan anak akan menentukan kepribadian dan kemampuan di masa
mendatang. Threatmen (perlakuan) lingkungan yang tepat dan seimbang dalam
pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik akan menghasilkan perkembangan
yang optimal pada diri anak.
Sistem pendidikan
di KB MUSLIMAT ALMA melibatkan tiga komponen utama yang masing-masing sangat
berperan dalam mencapai tujuan dan target yang diharapkan. Tiga komponen
tersebut adalah :
- Anak didik
- Orang tua
- Sekolah
Anak Didik
Anak didik
merupakan amanah orang tua kepada sekolah untuk dididik, dibimbing dan diajar
sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Anak didik disini merupakan
input sekaligus outcome yang diharapkan dari pendidikan. Anak didik di
KB MUSLIMAT ALMA merupakan amanah dari orang tua sehingga menumbuhkan komitmen bagi
sekolah untuk memberikan yang terbaik dengan mengembangkan semua potensi dasar
yang dimiliki anak, sehingga anak dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan
sesuai dengan usianya dan siap untuk menghadapi tugas-tugas perkembangan usia
selanjutnya tanpa menghilangkan sifat kefitrahan dari
anak itu sendiri.
Orang Tua
Orang tua selaku
pemberi amanah kepada sekolah ikut secara aktif mendukung kurikulum dan program
yang diterapkan sekolah untuk disinkronkan dengan program serta lingkungan
pembelajaran di rumah. Orang tua diwajibkan bersedia meluangkan waktunya untuk
mengikuti pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan sekolah yang melibatkan
orang tua sehingga terjadi penyamaan misi, visi pendidikan dan pembelajaran
guna kepentingan suksesnya pendidikan anak.
Sekolah
Sekolah merupakan
penerima amanah dari orang tua untuk mendidik, membimbing dan mengajar anak
didik dengan menyediakan semua fasilitas guna menunjang suksesnya pendidikan
dan pembelajaran sesuai dengan target yang ingin dicapai. Komponen sekolah
terdiri atas : Ustadzah/ staff sekolah, fasilitas, lingkungan sekolah,
kurikulum sekolah, alat/metode pengembangan pendidikan dan pengajaran yang up
to date. Komponen sekolah selalu dikembangkan ke arah yang lebih baik dengan
penambahan fasilitas, riset-riset, studi banding ke sekolah lain, metode
pembelajaran terbaru yang terbaik, peningkatan kualitas ustadzah/ staff
lainnya, dan lain-lain.
Kurikulum
KB MUSLIMAT ALMA menggunakan kurikulum terpadu yang bersumber dari Kurikulum Diknas, Kurikulum khas KB MUSLIMAT ALMA, serta kegiatan
penunjang khas KB MUSLIMAT ALMA. Dalam penerapan program Pembelajaran KB MUSLIMAT ALMA menggunakan prinsip bermain sambil belajar & belajar sambil bermain yang
mengutamakan enjoyful learning Serta mengembangkan bermacam -macam potensi kecerdasan anak (multiple intelligence) yang bernafaskan
Qur'an.
Tujuan & Target Pendidikan
Pembahasan
mengenai kurikulum yang akan diterapkan mengacu pada tujuan serta target
pendidikan yang ingin dicapai, oleh sebab itu penetapan tujuan yang ingin
dicapai merupakan dasar filosofi penyusunan kurikulum.
Tujuan dan target
pendidikan di KB MUSLIMAT ALMA terbagi atas dua aspek yaitu : Program
pembentukan sikap dasar (kepribadian) dan Program pengembangan kemampuan dasar.
Program ini dimaksudkan untuk menanamkan sikap dasar
yang harus dimiliki oleh anak didik yang nantinya membentuk kepribadian melalui
:
- Menciptakan pembelajaran yang kondusif dan merangsang anak untuk belajar.
- Memberikan contoh atau teladan.
- Memberikan kesempatan pada anak.
- Memberikan motivasi bagi anak.
- Memberikan bimbingan secara kontinyu / berkesinambungan.
- Moral dan Agama Islam : Anak diharapkan mempunyai nilai - nilai dasar untuk menjadi anak shalih / shalihah serta berakhlak mulia, hafal surat - surat pendek dalam Al-Qur'an, hadis dan do'a pilihan.Terbiasa mengucapkan do'a harian, terbiasa sholat berjamaah, terbiasa mengucapkan kalimat thoyibah.
- Sosial - Emosional : Anak diharapkan terbiasa untuk menolong dan dapat berhubungan dengan orang lain, mengenal peraturan dan terbiasa menerapkan disiplin dan menanamkan kebiasaan baik dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.
- Kemandirian : Anak diharapkan mempunyai tanggung jawab terhadap diri dan barang-barang miliknya serta mampu melakukan sendiri tugas-tugas yang diberikan
Perlakuan dan budaya yang diterapkan di KB MUSLIMAT ALMA (disamping yang telah masuk dalam kurikulum Kegiatan Belajar Mengajar)
adalah sebagai berikut :
- Penyambutan dan pemulangan siswa, bertujuan menumbuhkan afeksi, rasa aman dan kedekatan dengan anak.
- Mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain bertujuan untuk menanamkan sopan santun, menghormati orang lain, dan mengembangkan kemampuan sosialisasi.
- Meletakkan Tas di Locker, bertujuan menumbuhkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab pada anak.
- Berbaris di halaman sebelum belajar , menumbuhkan kebersamaan sekaligus melatih kedisiplinan dan kemandirian anak.
- Berdo'a sebelum belajar, sebelum makan, sesudah makan dan sebelum pulang, bertujuan untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual anak.
- Berbaris, antri, cuci tangan sebelum makan, bertujuan menumbuhkan kedisiplinan, kemampuan bersikap sabar dan menahan diri serta semangat hidup bersih dan sehat.
- Makan bersama, bertujuan menumbuhkan kemandirian, mau berbagi dan semangat kebersamaan.
- Gosok gigi, bertujuan menumbuhkan kemandirian dan semangat hidup bersih dan sehat.
- Sholat berjamaah, bertujuan menumbuhkan kecerdasan spiritual.
- Mengenal Al Qur'an melalui mengaji dan hafalan surat pendek, bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan pada AI Qur'an.
- Melepas, menata dan memakai sepatu sendiri serta meletakkan sandal pada tempatnya bertujuan menumbuhkan kemandirian, kedisiplinan.
Dari
program-program yang telah disusun, maka diharapkan anak mempunyai sikap dasar
antara lain : jujur, disiplin, mandiri & rajin, mampu mengendalikan diri, gemar
berdo'a, memiliki pribadi yang luwes (sopan dan santun) terhadap orang lain,
saling menyayangi, tenggang rasa, saling tolong menolong, mau berbagi dengan
sesama serta terbiasa hidup bersih dan sehat.
Program Pengembangan Kemampuan Dasar meliputi :
- Pengembangan Bahasa
Anak diharapkan mampu bereaksi terhadap suara atau bunyi
yang didengarnya, mengert iisyarat dan perkataan orang lain serta keinginannya
dalam bentuk tingkah laku. Pada usia 3 tahun anak telah mampu membicarakan
suatu benda yang secara fisik tidak nampak.
- Pengembangan Kognitif
Anak diharapkan rmampu mengenal dan memahami berbagai
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu karakterisitik
kognitif anak usia 3 tahun adalah anak sudah mulai menggunakan logika dasar dan
ingin tahu segala jawaban dari semua pertanyaan pendek.
- Pengembangan fisik
Pengembangan fisik anak terdiri atas motorik halus dan
kasar, dimana anak diharapkan mampu menggerakkan anggota tubuhnya untuk
kelenturan otot dan latihan keseimbangan badan. Salah satu karakteristik
motorik halus anak usia 3 tahun adalah sudah mampu memegang benda-benda kecil
dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Pada usia Play Group anak
menikmati gerakan-gerakan sederhana seperti melompat. berlari, dll.
- Pengembangan Seni
Anak diharapkan akan dapat menggerakkan tubuhnya untuk
melakukan berbagai gerakan sesuai irama musik, mencipta berbagai kreasi sesuai
yang dicontohkan. Pengetahuan serta pemahaman yang baik akan tugas perkembangan
anak sesuai dengan usianya merupakan dasar penyusunan dan penerapan kurikulum /
program di KB MUSLIMAT ALMA, sehingga diharapkan potensi yang ada dalam diri
anak dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan fitrahnya.
Pengembangan kurikulum
Kurikulum disusun
dan di programkan berdasarkan tujuan dan target yang ingin dicapai :
- Kurikulum Diknas
Kurikulum Diknas disusun untuk mengembangkan potensi
diri anak sesuai dengan usia perkembangannya. Perpaduan program kegiatan
belajar Diknas meliputi pengembangan :
- Moral dan nilai-nilai agama
- Sosial-Emosional dan kemandirian
- Kemampuan berbahasa
- Kognitif
- Fisik / motorik
- Seni
- Kurikulum Khas KB MUSLIMAT ALMA
Kurikulum KB MUSLIMAT ALMA disusun guna melengkapi
serta mendukung kurikulum Diknas , yang meliputi pengembangan :
- Mencerdaskan Spiritual (terprogram dalam kegiatan sholat berjama'ah, berwudlu, tata cara beribadah-berdo'a, mengaji yanbu'a, pengenalan sang Pencipta sesuai tingkat pemahaman anak, dll)
- Kecerdasan Emosional termasuk di dalamnya empati, sosialiasi, berbagi, dll (terprogram dalam kegiatan penyambutan anak, kegiatan social berbagi anak yatim dan orang miskin, bermain sentra, makan bersama, dll)
- Kreativitas (terprogram dalam kegiatan Belajar Mengajar di kelas dan kegitan-kegiatan lainnya)
- Semangat juang (terprogram dalam kegiatan out bond, study wisata, tutup tahun, kesehatan sekolah, melepas dan memakai sepatu sendiri, dll)
- Disiplin anak (terprogram dalam kegiatan berbaris sebelum masuk, meletakkan sandal/sepatu pada tempatnya, meletakkan tas pada tempatnya, dan lain-lain)
Kurikulum Penunjang KB Muslimat ALMA
Kurikulum
penunjang KB MUSLIMAT ALMA disusun guna menunjang kurikulum Diknas dan kurikulum khas yang meliputi :
- Kesehatan
- Pemeriksaan kesehatan umum dan kesehatan gigi secara periodik oleh dr umum dan dr gigi.
- Pengukuran tinggi dan berat badan
- Pemberian vitamin A / imunisasi lain (bekerja sama dengan PUSKESMAS)
- Bimbingan Konseling
- Pemeriksaan Psikologi anak
- Memantau Perkembangan anak
- Bimbingan dan konseling bagi anak yang membutuhkan (kurang optimal dalam aspek perkembangan / mau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dll)
Pembentukan sikap
dasar dan pengembangan kemampuan dasar di KB MUSLIMAT ALMA diharapkan
memberi bekal anak dalam menempuh tugas perkembangan di usia selanjutnya serta
memberikan dasar yang penting mempersiapkan anak menjadi pribadi yang utuh,
beraqidah mantap, berakhlak mulia, berkamemapuan akademis tinggi, berguna bagi
umat, bangsa dan negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar