ABOUT KB MUSLIMAT ALMA

Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak Muslimat NU Al Mubarokul Maimun  (KB MUSLIMAT ALMA) adalah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berdiri sejak Tahun 2006. Kami hadir sebagai mitra terbaik bagi para Bunda dalam meletakkan dasar pendidikan bagi Putra / Putri tercinta.
"Say it With Love" (katakan dengan cinta) adalah konsep yang mendasari lembaga kami dalam mendidik, mengasuh, dan mengembangkan kegiatan belajar dan bermain bagi anak usia dini. Konsep tersebut memandang bahwa anak adalah individu dengan latar belakang yang berbeda-beda. Bagi kami, perbedaan tersebut adalah sesuatu yang unik dan akan diterima secara tulus. Penerimaan apa adanya dengan kasih sayang yang tulus akan menumbuhkan rasa percaya diri dan harga diri yang baik; sehingga anak akan memiliki citra diri yang baik dan mampu mengendalikan emosinya. Citra diri dan pengendalian emosi yang baik merupakan faktor utama dalam mengembangkan potensi-potensi anak yang dimiliki secara optimal.
Kami juga menitikberatkan pada pemahaman dan pembiasaan terhadap norma - norma agama Islam, sehingga diharapkan output yang dihasilkan adalah anak - anak yang shalih/shalihah, cerdas, ceria serta berakhlaqul karimah.

Pendidikan pada usia 0 - 6 tahun merupakan fase pendidikan yang sangat penting, dimana pada usia ini semua perlakuan anak akan menentukan kepribadian dan kemampuan di masa mendatang. Threatmen (perlakuan) lingkungan yang tepat dan seimbang dalam pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik akan menghasilkan perkembangan yang optimal pada diri anak.
Sistem pendidikan di KB MUSLIMAT ALMA melibatkan tiga komponen utama yang masing-masing sangat berperan dalam mencapai tujuan dan target yang diharapkan. Tiga komponen tersebut adalah :
    1. Anak didik
    2. Orang tua
    3. Sekolah
Anak Didik
Anak didik merupakan amanah orang tua kepada sekolah untuk dididik, dibimbing dan diajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Anak didik disini merupakan input sekaligus out­come yang diharapkan dari pendidikan. Anak didik di KB MUSLIMAT ALMA merupakan amanah dari orang tua sehingga menumbuhkan komitmen bagi sekolah untuk memberikan yang terbaik dengan mengembangkan semua potensi dasar yang dimiliki anak, sehingga anak dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan sesuai dengan usianya dan siap untuk menghadapi tugas-tugas perkembangan usia selanjutnya tanpa menghilangkan sifat kefitrahan dari anak itu sendiri.
 Orang Tua
Orang tua selaku pemberi amanah kepada sekolah ikut secara aktif mendukung kurikulum dan program yang diterapkan sekolah untuk disinkronkan dengan program serta lingkungan pembelajaran di rumah. Orang tua diwajibkan bersedia meluangkan waktunya untuk mengikuti pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan sekolah yang melibatkan orang tua sehingga terjadi penyamaan misi, visi pendidikan dan pembelajaran guna kepentingan suksesnya pendidikan anak.
Sekolah
Sekolah merupakan penerima amanah dari orang tua untuk mendidik, membimbing dan mengajar anak didik dengan menyediakan semua fasilitas guna menunjang suksesnya pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan target yang ingin dicapai. Komponen sekolah terdiri atas : Ustadzah/ staff sekolah, fasilitas, lingkungan sekolah, kurikulum sekolah, alat/metode pengembangan pendidikan dan pengajaran yang up to date. Komponen sekolah selalu dikembangkan ke arah yang lebih baik dengan penambahan fasilitas, riset­-riset, studi banding ke sekolah lain, metode pembelajaran terbaru yang terbaik, peningkatan kualitas ustadzah/ staff lainnya, dan lain-lain.
Kurikulum
KB MUSLIMAT ALMA menggunakan kurikulum terpadu yang bersumber dari Kurikulum Diknas, Kurikulum khas KB MUSLIMAT ALMA, serta kegiatan penunjang khas KB MUSLIMAT ALMA. Dalam penerapan program Pembelajaran KB MUSLIMAT ALMA menggunakan prinsip bermain sambil belajar & belajar sambil bermain yang mengutamakan enjoyful learning Serta mengembangkan bermacam -macam potensi kecerdasan anak (multiple intelligence) yang bernafaskan Qur'an.
 Tujuan & Target Pendidikan
 Pembahasan mengenai kurikulum yang akan diterapkan mengacu pada tujuan serta target pendidikan yang ingin dicapai, oleh sebab itu penetapan tujuan yang ingin dicapai merupakan dasar filosofi penyusunan kurikulum.
Tujuan dan target pendidikan di KB MUSLIMAT ALMA terbagi atas dua aspek yaitu : Program pembentukan sikap dasar (kepribadian) dan Program pengembangan kemampuan dasar. 

Program Pembentuk Sifat Dasar (Kepribadian)

Program ini dimaksudkan untuk menanamkan sikap dasar yang harus dimiliki oleh anak didik yang nantinya membentuk kepribadian melalui :
  1. Menciptakan pembelajaran yang kondusif dan merangsang anak untuk belajar.
  2. Memberikan contoh atau teladan.
  3. Memberikan kesempatan pada anak.
  4. Memberikan motivasi bagi anak.
  5. Memberikan bimbingan secara kontinyu / berkesinambungan.
Pembentukan Sikap Dasar meliputi :
    • Moral dan Agama Islam : Anak diharapkan mempunyai nilai - nilai dasar  untuk menjadi anak shalih / shalihah serta berakhlak mulia, hafal surat - surat pendek dalam Al-Qur'an, hadis dan do'a pilihan.Terbiasa mengucapkan do'a harian, terbiasa sholat berjamaah, terbiasa mengucapkan kalimat thoyibah.
    • Sosial - Emosional : Anak diharapkan terbiasa untuk menolong dan dapat berhubungan dengan orang lain, mengenal peraturan dan terbiasa menerapkan disiplin dan menanamkan kebiasaan baik dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.
    • Kemandirian : Anak diharapkan mempunyai tanggung jawab terhadap diri dan barang-barang miliknya serta mampu melakukan sendiri tugas-tugas yang diberikan
Perlakuan dan budaya yang diterapkan di KB MUSLIMAT ALMA (disamping yang telah masuk dalam kurikulum Kegiatan Belajar Mengajar) adalah sebagai berikut :
  1. Penyambutan dan pemulangan siswa, bertujuan menumbuhkan afeksi, rasa aman dan kedekatan dengan anak.
  2. Mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain bertujuan untuk menanamkan sopan santun, menghormati orang lain, dan mengembangkan kemampuan sosialisasi.
  3. Meletakkan Tas di Locker, bertujuan menumbuhkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab pada anak.
  4. Berbaris di halaman sebelum belajar , menumbuhkan kebersamaan sekaligus melatih kedisiplinan dan kemandirian anak.
  5. Berdo'a sebelum belajar, sebelum makan, sesudah makan dan sebelum pulang, bertujuan untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual anak.
  6. Berbaris, antri, cuci tangan sebelum makan, bertujuan menumbuhkan kedisiplinan, kemampuan bersikap sabar dan menahan diri serta semangat hidup bersih dan sehat.
  7. Makan  bersama, bertujuan menumbuhkan kemandirian, mau berbagi dan semangat kebersamaan.
  8. Gosok gigi, bertujuan menumbuhkan kemandirian dan semangat hidup bersih dan sehat.
  9. Sholat berjamaah, bertujuan menumbuhkan kecerdasan spiritual.
  10. Mengenal Al Qur'an melalui mengaji dan hafalan surat pendek, bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan pada AI Qur'an.
  11. Melepas, menata dan memakai sepatu sendiri serta meletakkan sandal pada tempatnya bertujuan menumbuhkan kemandirian, kedisiplinan.
Dari program-program yang telah disusun, maka diharapkan anak mempunyai sikap dasar antara lain : jujur, disiplin, mandiri & rajin, mampu mengendalikan diri, gemar berdo'a, memiliki pribadi yang luwes (sopan dan santun) terhadap orang lain, saling menyayangi, tenggang rasa, saling tolong­ menolong, mau berbagi dengan sesama serta terbiasa hidup bersih dan sehat.

Program Pengembangan Kemampuan Dasar meliputi :
  • Pengembangan Bahasa
Anak diharapkan mampu bereaksi terhadap suara atau bunyi yang didengarnya, mengert iisyarat dan perkataan orang lain serta keinginannya dalam bentuk tingkah laku. Pada usia 3 tahun anak telah mampu membicarakan suatu benda yang secara fisik tidak nampak.
  • Pengembangan Kognitif
Anak diharapkan rmampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu karakterisitik kognitif anak usia 3 tahun adalah anak sudah mulai menggunakan logika dasar dan ingin tahu segala jawaban dari semua pertanyaan pendek.
  • Pengembangan fisik
Pengembangan fisik anak terdiri atas motorik halus dan kasar, dimana anak diharapkan mampu menggerakkan anggota tubuhnya untuk kelenturan otot dan latihan keseimbangan badan. Salah satu karakteristik motorik halus anak usia 3 tahun adalah sudah mampu memegang benda­-benda kecil dengan menggu­nakan ibu jari dan jari telunjuk. Pada usia Play Group anak menikmati gerakan-gerakan sederhana seperti melompat. berlari, dll.
  • Pengembangan Seni
Anak diharapkan akan dapat menggerakkan tubuh­nya untuk melakukan berba­gai gerakan sesuai irama musik, mencipta berbagai kreasi sesuai yang dicontohkan. Pengetahuan serta pemahaman yang baik akan tugas perkem­bangan anak sesuai dengan usianya me­rupakan dasar penyusunan dan penerapan kurikulum / program di KB MUSLIMAT ALMA, sehingga diharapkan potensi yang ada dalam diri anak dapat berkembang dengan optimal sesuai dengan fitrahnya.
Pengembangan kurikulum

Kurikulum disusun dan di programkan berdasarkan tujuan dan target yang ingin dicapai :
  • Kurikulum Diknas
Kurikulum Diknas disusun untuk mengembangkan potensi diri anak sesuai dengan usia perkembangannya. Perpaduan pro­gram kegiatan belajar Diknas meliputi pengembangan :
    1. Moral dan nilai-nilai agama
    2. Sosial-Emosional dan kemandirian
    3. Kemampuan berbahasa
    4. Kognitif
    5. Fisik / motorik
    6. Seni
  • Kurikulum Khas KB MUSLIMAT ALMA
Kurikulum KB MUSLIMAT ALMA disusun guna melengkapi serta mendukung kurikulum Diknas , yang meliputi pengembangan :
    1. Mencerdaskan Spiritual (terprogram dalam kegiatan sholat berjama'ah, berwudlu, tata cara beribadah-berdo'a, mengaji yanbu'a, pengenalan sang Pencipta sesuai tingkat pemahaman anak, dll)
    2. Kecerdasan Emosional termasuk di dalamnya empati, sosialiasi, berbagi, dll (terprogram dalam kegiatan penyambutan anak, kegiatan social berbagi anak yatim dan orang miskin, bermain sentra, makan bersama, dll)
    3. Kreativitas (terprogram dalam kegiatan Belajar Mengajar di kelas dan kegitan­-kegiatan lainnya)
    4. Semangat juang (terprogram dalam kegiatan out bond, study wisata, tutup tahun, kesehatan sekolah, melepas dan memakai sepatu sendiri, dll)
    5. Disiplin anak (terprogram dalam kegiatan berbaris sebelum masuk, meletakkan sandal/sepatu pada tempatnya, meletakkan tas pada tempatnya, dan lain-lain)

Kurikulum Penunjang KB Muslimat ALMA

Kurikulum penunjang KB MUSLIMAT ALMA disusun guna menunjang kurikulum Diknas dan kurikulum khas yang meliputi :
  1. Kesehatan
    • Pemeriksaan kesehatan umum dan kesehatan gigi secara periodik oleh dr umum dan dr gigi.
    • Pengukuran tinggi dan berat badan
    • Pemberian vitamin A / imunisasi lain (bekerja sama dengan PUSKESMAS)
  1. Bimbingan Konseling
    • Pemeriksaan Psikologi anak
    • Memantau Perkembangan anak
    • Bimbingan dan konseling bagi anak yang membutuhkan (kurang optimal dalam aspek perkembangan / mau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, dll)
Pembentukan sikap dasar dan pengembangan kemampuan dasar di KB MUSLIMAT ALMA diharapkan memberi bekal anak dalam menempuh tugas perkembangan di usia selanjutnya serta memberikan dasar yang penting mempersiapkan anak menjadi pribadi yang utuh, beraqidah mantap, berakhlak mulia, berkamemapuan akademis tinggi, berguna bagi umat, bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar